Cara Install remote desktop di VPS spek rendah

Dalam beberapa bulan terakhir saya sedang giat giatnya mengerjakan sebuah projek yang berhubungan dengan VPS, karena saya menggarap projek kecil kecilan dengan modal yang kecil pula maka saya hanya bisa membeli vps debian 7 dengan kapasistas ram 512, buat yang sudah mahir mungkin ini tidak masalah karena bisa menggunakan putty untuk setting vps nah bagi saya yang awam ini setting vps melalui terminal atau putty itu sama sekali tidak gampang karena huruf yang di input melui terminal itu sangat sensitif, makanya saya mencari alternatif lain untuk bisa menggunakan vps seperti kita menggunakan komputer biasa.

Di sela sela pencarian saya ke berbagai benua akhirnya saya mendapatkan suatu pencerahan yakni dengan meng install ( VNC Virtual Network Computing ) jadi dengan adanya VNC ini kita bisa me remote desktop vps kita layaknya sedang menggunakan komputer biasa, nah permasalahannya adalah pada beberapa cara install vnc di vps debian saya menemukan desktop yang terpasang adalah GNOME yang notabenenya sangat haus resources, jika ram di atas 1gb ok lah tapi saya hanya punya vps dengan ram 512 mb, untuk itu saya membuat beberapa percobaan yang akhirnya bisa agar vps yang rendah ram ini bisa menggunakan vnc, untuk itu saya akan berbagi disini buat anda sekaligus catatan buat saya pribadi agar tidak lupa nantinya jika jarus install vnc di vps ram rendah.

baiklah untuk install VNC di vps kamu pertama tama masuk melalui putty dengan hak akses root, jika sudah masukkan perintah
apt-get update
Kemudian install LXDE ( pengganti Gnome Desktop )
apt-get install xorg lxde-core
Install Aplikasi browser ringan midori
apt-get install midori
Install Tight-vnc-server
apt-get install tightvncserver
kemudian aktifkan dan setting password untuk vnc anda
tightvncserver :1
Jika sudah sekarang matikan lagi vnc dengan perintah
tightvncserver -kill :1
Kemudian edit pengaturan vnc nya dengan cara mengetik perintah
nano ~/.vnc/xstartup
Jika di vps anda belum terpasang aplikasi nano silahkan install dengan perintah
apt-get install nano
Kemudian sesuaikan settingannya dengan code dibawah ini
#!/bin/shxrdb $HOME/.Xresources
xsetroot -solid grey
x-terminal-emulator -geometry 80x24+10+10 -ls -title "$VNCDESKTOP Desktop" &
# x-window-manager
lxde-core 
Kemduian aktifkan lagi VNC dengan perintah
tightvncserver :1
Jika semua proses di atas sudah dilakukan dengan sempurna langkah selanjutnya download aplikasi VNC Viewer kemudian isikan ip vps dan port vnc yang telah di buat tadi misalkan : 127.0.0.1:1
cara install vnc di vps
Klik konek dan tara desktop vps anda sudah selesai.

Cara Install remote desktop di VPS spek rendah
Gambar di atas adalah gambar tampilan remote desktop milik saya dengan menggunakan debian 7 ram 512, jadi silahkan di coba semoga bermanfaat