Pemutar video ringan di windows

Buat anda yang sering memutar video di laptop dengan spesifikasi rendah seperti punya saya kadang kala akan merasa jengkel dengan lamanya proses pemutaran video karena program pemutar video yang lumayan berat, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah software pemutar video yang ringan dan tidak banyak memakan resources di laptop anda.

Aplikasi ini terbilang cukuplah ringan dengan besar aplikasi sekitar 6mb dan aplikasi ini juga tidak perlu anda install karena bersifat portable, aplikasi yang saya maksud disini adalah mplayer, agar lebih jelasnya lihat contoh aplikasi tersebut ketika saya jalankan di laptop saya.
Pemutar video ringan di windows

Jika anda ingin mencobanya silahkan unduh aplikasinya di link berikut ini : mplayer

Cara penggunaannya extrax aplikasi tersebut kemudian klik kanan di salah satu video yang ingin anda putar kemudian pilih open with > choose default program > browse > kemudian cari letak aplikasi yang telah anda extrax tadi jika sudah klik ok, kemudian akan tampil sebuah console biarkan saja, tunggu beberapa saat sampai video bisa berputar, karena saat pertama x penggunaannya memang memerlukan sedikit waktu tapi pada pemakaian kedua sudah berjalan normal.
Basic Control:
  • F = Full Screen
  • Esc = Exit
  • J = Ganti Subtitles (bisa juga untuk disable subtitle untuk yang bukan hardsub)
  • Enter = Exit
  • panah kanan = maju 10 detik
  • panah kiri = mundur sepuluh detik
  • panah atas = maju 1 menit
  • panah bawah = mundur 1 menit
  • page up = maju 10 menit
  • page down = mundur 10 menit
  • / = volume -
  • * = volume +
Sekia dan selamat mencoba,